Senin, 30 Oktober 2017

Sumur Tujuh di Cirebon Anti Jomblo, Percaya?


BBM88 - Di Cirebon ada Sumur Tujuh peninggalan zaman dulu. Konon, sumur tersebut dipercaya menangkal kesendirian alias jomblo. Percaya?

Sumur Tujuh merupakan salah satu sumur yang banyak didatangi para jomblo. Lokasinya berada di komplek Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Jawa Barat. Sumur Tujuh merupakan sumur peninggalan era Keraton Pakungwati. Juru Kunci Sumur Tujuh, Zaelani mengatakan Sumur Tujuh merupakan peninggalan Pangeran Cakrabuana yang dibangun pada 1430, kemudian diteruskan Sunan Gunung Jati. 

Setiap kliwon dan maulid, sambung Zaelani, Sumur Tujuh dibanjiri para jomblo. Karena, sumur tersebut dipercaya sebagai sumur anti jomblo.

"Sumur hanya media doa. Banyak yang susah jodohnya ke sini. Tapi, sekali lagi sumur hanya media doanya. Kita tetap meminta kepada sang pencipta," ucap Zaelani saat ditemui detikcom di Sumur Tujuh, Senin (30/10/2017). 

Zaelani menyebutkan para jomblo diperbolehkan mandi di Sumur Tujuh. Selain mandi, pengunjung juga diperbolehkan untuk mengambil air sumur tersebut untuk dibawa pulang ke rumah. "Lebih afdolnya sih mandi di sini langsung. Setiap bulannya ada saja yang datang," katanya.

Lebih lanjut, Zaelani mengatakan, tak hanya dari kalangan remaja yang berkunjung di Sumur Tujuh. Tak sedikit para "Big Bos" memiliki usia matang serta bisnis yang lancar, namun belum mendapatkan pasangan hidup ikut mencicipi sensasi mandi di Sumur Tujuh tersebut. 

"Banyak bos-bos yang belum memiliki jodoh ke sini, salah satunya perusahaan besar dari Jakarta. Paling tua sih yang usia sekitar 40-an mandi di sini. Kita bisa mengambil hikmahnya, jodoh itu bukan dilihat dari umur dan harta," ucapnya. 

Ditambahkan Zaelani, awalnya Sumur Tujuh diperuntukkan untuk siraman bagi orang yang memiliki hajat dan pencucian benda pusaka. Sumur tersebut diberi nama Sumur Tujuh karena memiliki tujuh sumber mata air di dalamnya.

Sumber : news.detik.com - Sumur Tujuh di Cirebon Ini Jadi Primadona Para Jomblo, Kenapa?

0 komentar:

Posting Komentar